MOST RECENT

|

DON'T BE GIVE UP



JANGAN SESEKALI MENYERAH, JANGAN SESEKALI BERPUTUS ASA…

Sahabatku, Terkadang kejayaan dimulai dari sebuah kegagalan. Ingatlah bahwa Allah telah berfirman bahawa “Tidakkah mereka dibiarkan begitu sahaja dan mengatakan kami telah beriman, sedangkan mereka tidak pernah diuji". Memang kehidupan itu adalah kumpulan dari ujian. Dan setiap ujian akan membuat kita bertambah kuat dan tabah. Kerana itu sahabatku pembaca-pembaca blog ini, ingatlah satu perkara: NEVER EVER SURRENDER, NEVER GIVE UP! SUCCESS IS ALREADY THERE, ALL YOU ONLY NEED IS TO WALK INTO IT.

Berikut ini adalah sebagian inspirasi dari “Self Efficacy”-nya Dr. Albert Bandura, sebahagiannya lagi diambil daripada rujukan yang lain. Semoga memberi manfaat kepada anda.

Abraham Lincoln berangkat ke medan perang sebagai kapten dan kembali sebagai prajurit. Kemudian, dia gagal sebagai usahawan. Sebagai hakim di Springfield, dia sangat tidak yakin untuk berjaya. Dia beralih ke dunia politik dan kalah pada usaha pertamanya untuk menjadi anggota parlimen, kemudian kalah lagi dalam merebut menjadi anggota kongres, kemudian gagal menjadi komisioner di General Land Office, kalah lagi dalam pemilihan senator tahun 1854, kalah lagi dalam pemilihan Wakil Presiden tahun 1856, dan kalah lagi dalam pemilihan senat 1858. Dia menulis kepada seorang temannya, “Saya sekarang adalah manusia hidup yang paling menderita. Jika apa yang saya rasakan dibahagi rata kepada semua umat manusia, maka tak ada wajah yang ceria di muka bumi ini.”

Winston Churcill harus mengulang di sekolah dasar, dan saat dia memasuki sekolah berikutnya, di Harrow, ia ditempatkan di bahagian terendah di dalam kelas terendah. Selanjutnya, dia gagal dua kali dalam ujian kemasukan ke Royal Military Academy at Sandhurst. Dia juga kalah dalam pemilihan anggota parlimen. Ia menjadi perdana menteri di usia 62 tahun. Ia kemudian menulis, “Never give in, never give in, never, never, never, never - in nothing, great or small, large or petty - never give in except to convictions of honor and good sense. Never, Never, Never, Never give up.”

Socrates, diberi julukan sebagai “koruptor kaum muda yang tidak bermoral” karena ajarannya. Ia meneruskan korupsinya, bahkan setelah dijatuhi hukuman mati. Ia mati minum racun dan tetap dalam keadaan korupsi.

Sigmund Freud mengeluh “Huuu…!” Saat yang sangat meriah ialah pertama kali mempersembahkan ideanya di hadapan masyarakat ilmiah Eropa. Ia kembali ke pejabatnya dan tetap menulis.

Guru-guru Thomas Alva Edison berkata, “dia terlalu bodoh untuk belajar apapun.” Dia dipecat dari pekerjaan pertamanya karena “tidak produktif”. Sebagai penemu, Edison membuat 1000 percubaan yang gagal sebelum menemukan bola lampu. Saat seorang wartawan bertanya kepadanya, “Apa rasanya gagal seribu kali?” Edison menjawab, “Saya tidak gagal seribu kali. Bola lampu ditemukan dengan seribu langkah.”

Albert Einstein tidak boleh bercakap sehingga berusia 4 tahun dan tidak boleh membaca sehingga usia 7 tahun. Orang tuanya beranggapan bahwa dia abnormal. Salah satu gurunya mendeskripsikan Einstein dengan, “mentalnya terlalu lemaht, tidak sosial, dan terus bertualang dalam impian bodoh.” Dia dikeluarkan dari sekolah dan ditolak masuk ke sekolah politeknik Zurich. Einstein sangat sedikit belajar bicara dan menulis. Ia bahkan sedikit sekali belajar matematik. (Pakar Fizik Teori)

Louis Pasteur hanyalah murid rata-rata di sekolahnya. Ia ranking 15 dari 22 di kelas kimia. (Pakar Kimia)

Setelah audisi pertamanya, Sidney Poitier dinasihati oleh direktor casting, “mengapa kamu tidak berhenti menghamburkan waktu orang lain dan pergilah keluar sana jadi tukang cuci piring atau apa-apalah?” Saat itulah, ia memutuskan untuk membaktikan dirinya dalam dunia akting.

Henry Ford gagal dan bangkrap lima kali sebelum dia berjaya dengan keretanya. ( Pembuat kereta pertama )

Stan Smith ditolak menjadi ball boy untuk Davis Cup karena “terlalu aneh dan kekok.” Dia tetap aneh dan kekok, dan memenangkan Wimbledon dan US Open. Dan, lapan piala Davis.

RH Macy gagal dan bangkrap tujuh kali sebelum perusahaannya merajalela di New York.

Saat Bell Telephone Company merosot di masa-masa awal perniagaannya, pemiliknya Alexander Graham Bell menawarkan seluruh haknya kepada Western Union seharga USD100,000. Penawaran itu ditolak dengan balasan, “apa manfaatnya mainan elektronik yang ditawarkan untuk perusahaan ini.”

Michael Jordan berkata, “Sepanjang karier Saya, Saya gagal 900 kali melempar bola. Saya kalah di hampir 300 pertandingan. 26 kali Saya dipercayai untuk melakukan lemparan kemenangan, dan gagal. Saya gagal dan gagal lagi di sepanjang hidup Saya. Itulah sebabnya Saya berjaya.”

Walt Disney dipecat dari jabatannya sebagai editor di sebuah majalah, sebab dianggap “tidak punya imejinasi dan tidak mempunya idea yang bagus.” Dia bangkrap beberapa kali sebelum membangunkan Disneyland. Faktanya, taman permainan itu ditolak oleh kota Anaheim dengan alasan hanya akan mengundang manusia sampah dan percemaran.

Saat pertama kali Jerry Seinfeld menjadi sebagai pelawak profesional, dia melihat audience, terdiam kaku, dan lupa bahasa Inggeris. Dia mencuba berjuang sekitar satu setengah minit sebelum keluar dari panggung. Dia kembali lagi malam berikutnya, dan menutup aksinya dengan persembahan yang sangat meriah.

18 penerbit menolak menerbitkan buku Richard Bach. Mac Millan akhirnya menerbitkan “Jonathan Livingston Seagull” di tahun 1970. Tahun 1975, 7 juta naskhah buku itu berjaya jual, hanya di Amerika saja.

Setelah lakonan pertamanya sebagai bellboy di film “Dead Heat on Merry-Go-Round” , Harrison Ford dipanggil wakil presiden studio film ke pejabatnya. “Duduklah nak,” ia berkata. “Saya akan bercerita. Saat pertama kali Tony Curtis tampil dalam film, lakonannya hanyalah mengantarkan sebuah beg duit. Kami melihatnya dan kami langsung tahu bahwa ia adalah bintang besar.” Ford membalas, “Saya kira encik melihatnya sebagai pengantar beg duit.” Tuan wakil presiden berdiri dan berkata, “Kamu tidak faham juga ya, kamu faham juga… sekarang pergi kamu dari sini!“

Pengetua sekolah Michael Cain berkata padanya, “Kamu bakal jadi pekerja di sepanjang hidup kamu.” Michael Cain mempekerjakan dirinya dan mendapatkan dua Academy Award.

Charlie Chaplin awalnya ditolak oleh berbagai studio di Hollywood sebab pantomimnya dianggap “nonsense”.

Di SMU, Robin Williams terpilih sebagai “Yang Paling Kecil Kemungkinan Berjayanya”.

Decca Records membatalkan kontrek rakaman The Beatles dengan alasan, “Kami tidak suka suara mereka. Grup band dengan gitar bakal segera musnah.” Setelah itu, Columbia Records juga menolak mereka.

Tahun 1954, Jimmy Denny, pengurus Grand Ole Opry, memecat Elvis Presley setelah sekali melakukan persembahan. Mereka bilang ke Elvis, “Kamu tidak akan kemana-mana, nak. Sebaiknya kamu kembali menjadi pemandu trak sahaja.”

Beethoven biasa memegang biola dengan cara yang aneh dan lebih memilih memainkan karyanya sendiri dan memperbaiki tekniknya. Gurunya menggelar dia sebagai “komposer tiada harapan”. Ia menulis lima simfoni terkenalnya, dengan telinga yang tuli secara total.

Sebuah gedung barang seni menolak Picasso saat ia ingin menumpang berteduh menyelamatkan lukisannya dari hujan. Tak lama kemudian gedung itu bangkrap.

Van Gogh hanya berhasil menjual satu lukisan saja di dalam hidupnya. Itupun, dijual kepada saudara dari temannya seharga 400 franc (sekitar 50 USD). Ini tidak membuatnya berhenti untuk berkarya menghasilkan lebih dari 800 lukisan.

12 penerbit menolak “Harry Potter” karya JK Rowlings sebelum sebuah penerbit kecil setuju menerbitkan “Harry Potter and The Philosopher’ s Stone”.

“Komputer masa depan beratnya tidak akan lebih dari satu setengah ton.” (Popular Mechanics, meramalkan kemajuan ilmu pengetahuan, 1949.)

“Saya rasa, akan ada pasar dunia untuk sekitar lima komputer.” (Thomas Watson, chairman of IBM, 1943.)

“Saya sudah kemana-mana di negeri ini dan berbicara dengan orang-orang terbaik, dan Saya boleh meyakinkan Anda bahwa data processing adalah lelucon yang tak akan bertahan sampai akhir tahun.” (Ketua Editor untuk buku perniagaan di Prentice Hall, 1957.)

“Tapi apa bagusnya?” (Ir. di department Advanced Computing Systems IBM, memperkecilkan microchip, 1968)

“Tidak ada alasan mengapa orang harus punya komputer di rumahnya.” (Ken Olson, president, chairman dan founder of Digital Equipment Corp, 1977.)

“Telefon ini terlalu menyusahkan untuk dipertimbangkan sebagai alat komunikasi. Tak ada nilainya untuk kita.” (memo ucapan di Western Union, 1876.)

“Kotak muzik tanpa kabel ini tak ada nilai komersialnya. Siapa yang mahu membayar untuk lagu yang dikirim kepada orang yang tidak jelas?” (Kolega David Sarnoff saat menolak pelaburan di bidang radio sekitar tahun 20-an.)

“Siapakah yang mahu mendengar aktor berbicara?” (HM Warner, Warner Bros, 1927 sesaat sebelum era film bisu berakhir.)

“Mesin terbang yang lebih ringan dari udara. Itu sangat mustahil .” (Lord Kelvin, president, Royal Society, 1895.)

“Kami lalu pergi ke Atari dan berkata, kami punya sesuatu yang istimewa, separuhnya menggunakan sparepart Anda, maukah Anda membiayai kami? Kami cuma mahu mengerjakannya, nanti kami berikan seluruhnya kepada Anda. Bayar gaji kami, kami akan bekerja untuk Anda. Mereka kata: tidak. Lalu kami pergi ke Hewlett-Packard; mereka kata, kami tidak memerlukan Anda. Anda bahkan belum lulus belajar.” (Steve Jobs, founder Apple Computer semasa merayu kepada Atari and HP agar mahu berkecimpung dalam membuat PC.)

“Menggerudi untuk minyak? Maksud kamu menggerudi tanah untuk menemukan minyak? Gila kamu!” (Tukang gerudi yang ditawari Edwin L Drake untuk mengorek minyak, 1859.)

“Pesawat terbang itu mainan bagus. Tapi tidak ada gunanya untuk perperangan.” (Marsekal Ferdinand Foch, Professor of Strategy, Ecole Superieure de Guerre.)

“Memory sebesar 640K sudah cukup untuk setiap orang.” (Bill Gates of Microsoft, 1981.)

21 penerbit menolak novel humor Richard Hooker, M*A*S*H. Padahal dia mengerjakannya tujuh tahun.

22 penerbit menolak buku James Joyce “The Dubliners”.

27 penerbit menolak buku pertama Dr. Seuss, “To Think That I Saw It on Mulberry Street”
Jack London menerima enam ratus surat penolakan sebelum berhasil menjual kisah pertamanya.

Novelist Jenayah Inggeris John Creasey menerima 753 surat penolakan sebelum ia berhasil menerbitkan 564 buku.

William Saroyan mengumpulkan seribu penolakan sebelum berhasil menerbitkan “Way to not take a hint, Bill!”

Kolonel Harland Sanders ditolak ratusan kali, sebelum KFC-nya berjaya di pasarkan ke seluruh dunia.

John Milton menulis “Paradise Lost” selama 16 tahun setelah ia kehilangan penglihatannya.

Seorang profesor di MIT membuka kursus “Gagal”. Dia melakukannya, katanya, karena kegagalan adalah pengalaman yang lebih sering terjadi permulaan kejayaan. Dalam sebuah interview seseorang bertanya kepadanya, apakah ada yang gagal dalam kursusnya itu. Ia berfikir sejenak dan kemudian berkata, “Tidak, tapi hanya ada dua orang yang tidak menyelesaikannya.

James Sastrowijaya dari Jakarta, ditolak 20 bank sebelum berhasil meyakinkan enam bank. Ia kemudian menjadi millionare hartanah dengan modal nol rupiah.

Masbukhin si raja voucher, gagal dalam bisnes berkali-kali sebelum menjadi “Karyawan Ber-Omzet Milyaran”.

Perusahaan Roni Yuzirman di Tanah Abang terbakar. Ia kini makin berhasil dengan perusahaan online, “Manet Vision”.

Seorang peserta seminar Tung Desem Waringin mengaku, “Tiga tahun yang lalu Saya adalah cleaning service di Golden Truly”. Sekarang, Saya punya Jaguar sendiri.

YES, THEY DID NOT GIVE UP!SO YOU ALSO MUST NOT BE GIVE UP!!!
JANGAN SESEKALI MENYERAH KALAH, BESI YANG TERKUAT LAHIR KERANA TEMPAAN BERKALI-KALI. BAHKAN ALLAH TELAH BERFIRMAN KEPADA KITA BAHAWA ALLAH TIDAK PERNAH MEMBERI BEBANAN YANG TIDAK SANGGUP DITANGGUNG OLEH MAKHLUKNYA. JADI SAHABATKU, KENAPA HARUS MENYERAH DAN BERPUTUS ASA???

Disusun oleh Ustaz Abu Ulwan

Posted by Iman Consultant on 3:48 AM. Filed under , , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "DON'T BE GIVE UP"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added